Klik Me...

Featured Video

Rabu, 09 Mei 2012

RAHASIA BISMILLAH


“AWALI SEGALA SESUATU DENGAN MENGUCAPKAN BISMILLAH..”

Kita pasti seringkali mendengar, dan mengetahui istilah yang sangat familiar diatas. Awali dengan bismillah. Ya, itulah yang diajarkan kepada kita oleh guru-guru kita, oleh ustadz kita, oleh bapak kyai, orang tua, dan juga oleh siapapun. Dan kita, dengan mentah-mentah mengikuti anjuran itu, karena yakin dengan kehebatan dan kandungan yang ada pada kalimat pembuka bagi segala hal yang baik didunia ini, tanpa mencoba untuk menguak rahasia apa yang dikandung dalam kalimah tersebut.

Tapi, pernahkan kita berfikir, mengapa kita harus mengucapkan bismillah sebelum memulai sesuatu?? Apakah pernah kita befikir, mengapa bismillah begitu dianjurkan untuk diucapkan?? Dan pernahkah kita befikir, seberapa hebatkah sebuah kalimat yang berbunyi “bismillah” ini?? Marilah kita berifkir bersama. Mari kita cari tahu mengapa bismillah begitu dianjurkan untuk dibaca.

Semuanya berawal pada hari itu... hari yang aku lupa tanggal dan harinya.. hehehe.. tapi masih ingat dengan waktunya yang habis maghrib. Seperti biasa, malam itu selepas maghrib aku nyungsep dikamar untuk melakukan rutinitas malam-an. Yakni “glimbungization” (glimbung berarti rebahan, mendapat tambahan “ization” berarti proses. Jadi glimbungization berarti proses menuju rebahan.. *bahasa inggris jawa ini). Sambil rebahan dikamar, aku mendengar bapak sedang mengajar murid-muridnya mengaji di ruang depan. Kebetulan waktu itu sedang membahas tentang bismillah. Inti sari dari pengajian yang bapak sampaikan kepada muridnya adalah sebgai berikut:

“mengapa bismillah begitu penting diucapkan sebelum kita melakukan aktivitas?? Mengapa kita dianjurkan mengucapkannya??” *begitu kira-kira. (tapi tentunya kata-kata itu diucapkan bapak dengan menggunakan bahasa jawa. Tapi karena aku tidak bisa berbahasa jawa, ya tak tulis aja pakai bahasa indonesia..xixixixixi)

“Bismillah adalah kalimah yang berisi seluruh rahasia Allah dilangit dan dibumi.. rangkuman dari semua yang pernah Allah wahyukan kepada para Nabi dan Rasul, untuk disampaikan kepada manusia..” lalu, mengapa Bismillah begitu dahsyat?? “Allah selalu mengirim nabi dan rasul pada setiap bangsa, pada setiap kaum.. dan hanya 25 nabi yang tercantum dalam al-qur’an.. selain 25 nabi itu, tentulah ada yang tidak disebutkan.. Allah juga menurunkan ‘shuhuf’ (lembaran-lembaran yang berisi wahyu Allah) dan kitab yang berjumlah 104”. Sebanyak 60 shuhuf, diturunkan kepada Nabi Syits (anak nabi Adam dan dalam beberapa silsilah disebut pula sebagai kakek dari bapak nabi Nuh), kemudian 30 Shuhuf, diturunkan kepada Nabi Ibrahim, 10 Shuhuf kepada Nabi Musa (Bukan Taurat, tapi ini lebih dikenal dengan 10 Perintah Allah / Ten Commandment). Jadi, total Shuhuf yang diturunkan oleh Allah adalah 60 (Nabi Syits. A.s) + 30 (Nabi Ibrahim. A.s) + 10 (nabi Musa A.s) = 100 shuhuf.

Sedangkan untuk kitab, kita sudah tahu, ada 4 kitab yang Allah turunkan. Yakni, Taurat kepada nabi Musa, Zabur (Mazmur/Pujian/Tasbih) kepada nabi Daud, Injil Kepada Isa A.s (Yoshua Al-mahasiah / Yesus), dan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad. SAW. Lalu, apa hubungannya dengan bismillah?? Perlu diketahui, Semua shuhuf dan kitab yang Allah turunkan tersebut isinya telah terrangkum dalam kitab suci terakhir, yakni Al-Qur’an, dan isi dari al-Qur’an tersebut telah terrangkum dalam ummul Kitab, yakni Surah Al-fatikhah, dan isi dari Fatikhah terrangkum dalam 1 kalimah, yakni Bismillahirrohmanirrohim.

-          Shuhuf nabi Syits + Shuhuf nabi Ibrahim + shuhuf nabi Musa + taurat + zabur + injil = semuanya ada di Al-Qur’an sebagai penyempurna
-          Al-Qur’an intinya ada pada surah al-fatikhah
-          Al-fathikhah intinya ada pada bismillahirrohmanirrohim

Sedangkan kita tahu, semua shuhuf dan Kitab yang Allah Turunkan berisi semua rahasia untuk menggenggam dunia serta akhirat, ilmu pengetahuan, kemanusiaan, sosial, angkasa raya, sejarah, kesuksesan, dll, tapi semua itu telah terrangkum dalam satu kalimah...
Jadi, masih ragu dengan kedahsyatan kata Bismillahirrohmanirrohim yang mampu membuka semua jalan kita dan mengguncang Arsy??
Mari awali segala sesuatumu dengan Bismillah...

Rembang, Mei 2012
armADA_11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mungkin Anda Juga Harus Baca

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...