Klik Me...

Featured Video

Rabu, 26 September 2012

Dasar Pencapaian Cita-Cita (Dimana Posisimu?)

Akhirnya bisa blogging lagi... haha.. setelah beberapa waktu harus mengurus berbagai administrasi sekolah yang lumayan menyita waktu, akhirnya ada juga waktu untuk menulis lagi.
          Setelah berfikir beberapa lama, dan tidak tahu kali ini mau posting tentang apa, akhirnya pikiranku tertuju pada poto seorang teman di facebook yang berisikan kenangan saat kami mengikuti Latihan Kepemimpinan dan Manajemen OSIS se-Jawa Tengah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah di salatiga pada 3-10 Mei 2004 dan mengambil tempat di Yayasan Bina Dharma Sidorejo Salatiga.
Aku teringat dengan sekilas materi yang dulu disampaikan oleh Salah seorang pembina disana. Tentang 3 sifat dasar yang dimiliki oleh manusia. Secara psikologis, manusia dibedakan menjadi 3 dalam penggapaian sesuatu yang mereka inginkan. Yakni Golongan Quitter, Golongan Camper, dan yang ketiga adalah Golongan Climber. Apa maksudnya? Keterangan dari Mbak Pembina LKM Osis sih seperti ini garis besarnya.
1.     Golongan Quitter
Berasal dari kata “Quit” dalam bahasa inggris yang berarti menyerah. Tentunya sudah bisa ditebak kan, jika golongan ini adalah golongan manusia yang ketangguhannya sangat rapuh, dan sangat mudah menyerah ketika menghadapi rintangan yang menghadang. “Quitter” juga dapat diterjemahkan menjadi seseorang yang berhenti dalam melakukan suatu usaha. Mentalnya sangat tidak bisa diandalkan karena seringkali goncang dan tidak mampu berfikir dengan jernih setiap kali dilanda oleh permasalahan. Dan, perlu digarisbawahi, jika kita menjadi golongan ini, maka kita akan menjadi sangat mudah kehilangan keyakinan terhadap rasa percaya diri kita sendiri, sehingga merasa pesimis setiap kali hendak melakukan sesuatu. 

Menyerahhhhh.....

Salah satu ciri dari golongan quitter ini adalah pola pikir mereka telah terpatri untuk selalu kalah. Mindset mereka selalu berisi tentang bayang-bayang kekalahan ataupun kegagalan jika mereka melakukan sesuatu. Bagi golongan pelajar, mindset mereka berisikan kegagalan dalam pelajaran atau bahkan ujian nasional, bagi golongan remaja mindset mereka berisikan ketakutan akan kegagalan ketika berpacaran/menjalin hubungan atau bahkan ketika hendak confessing their love, dan bagi kalangan pengusaha ada juga yang mindsetnya berisikan ketakutan dalam melakukan suatu inovasi.
Ampyuuuuuunnnn......
 2.    Golongan Camper
Golongan ini adalah golongan kedua dalam sifat manusia yang kita bahas kali ini. Berasal dari kata “camp” dalam bahasa inggris yang berarti kemah/pemberhentian. Jika quitter adalah golongan para penakut. Golongan yang mudah menyerah, maka berbeda halnya dengan camper. Golongan ini lebih mendingan daripada golongan sebelumnya, karena ini adalah golongan orang yang masih mau berusaha dalam mencapai sesuatu. Namun kelemahan golongan ini adalah, mereka merasa puas dengan apa yang mereka raih dan mereka nikmati, serta tidak ingin berusaha lagi agar berhasil meraih tahap diatasnya. Jadi, kehidpuan mereka statis, stagnan dan tidak mengalami perubahan kecuali apa yeng telah mereka usahakan untuk diraih sebelumnya, yakni sebelum mereka berhenti dan menjadi seorang camper.
Camper.....

3.    Golongan Climber
Dan inilah golongan manusia yang penuh dengan inovasi dan penuh dengan pembaharuan.. golongan Climber.. berasal dari kata “Climb” dalam bahasa inggris yang berarti pemanjat. Ini maksudnya adalah, mereka adalah golongan yang tidak merasa cepat puas dengan hasil yang telah mereka capai dan mereka akan terus berusaha untuk meraih tingkatan yang ada diatasnya. Begitu tingkatan diatasnya telah berhasil mereka capai, maka mereka akan berusaha lagi untuk mencapai tingkatan yang ada diatasnya lagi. Begitu seterusnya.
Still Continue...
     Golongan ini tidaklah memandang suatu masalah sebagai hambatan, dan tidak pula memandang kegagalan sebagai suatu hal yang buruk. Mereka yang berada dalam golongan ini seringkali menjadikan kegagalan sebagai suatu batu pikjakan untuk mencapai keberhasilan yang mereka inginkan. Dengan kata lain, mereka sama sekali tidak takut untuk mengalami suatu kegagalan dari apa yang mereka upayakan.
Terus Mendaki......
Jadi, ingin menjadi golongan manakah anda?? Quitter? Camper? Ataukah Climber?? Semua tergantung dengan pikiran dan upaya yang anda jalankan.
NB. Terima Kasih untuk Reza Gema Hartami (Rere) yang telah mengupload foto kita dalam LKM OSIS se-Jawa Tengah 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mungkin Anda Juga Harus Baca

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...