Klik Me...

Featured Video

Jumat, 08 Juni 2012

Keutamaan Bulan Rajab

Kata Rajab, berasal dari kata “Tarjiibun” yang artinya adalah mengagungkan. Dan ada yang mengatakan “Al-‘Ashobu” sebab, pada bulan ini, rahmat selalu dilimpahkan/ dijatuhkan (konotasinya adalah Al-Ashobu). Kepada mereka yang bertaubat dan menerbitkan sinar bagi mereka yang beramal. Ada yang mengatakan bulan “al-“ashoum” (tuli) sebab dalam tradisi arabiyah, pada bulan tersebut tidak terdengan adanya peperangan. Menurut riwayat lain, rajab adalah nama sebuah sungai yang mengalir di surga, airnya putih seperti susu, lebih manis daripada madu, dan lebih sejuk daripada es. Tidak diperkenankan siapapun untuk meminum airnya kecuali mereka yang ahli dalam puasa rajab. Nabi SAW bersabda, “bulan rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Romadlon adalah bulan Ummatku”
Beberapa ahli isyarah menyatakan “rajab terdiri dari 3 huruf. Ra, jim, dan ba. Ra singkatan dari Rahmatullah (Rahmat Allah), Jim berarti Jaromil ‘abdi (usaha seorang hamba), dan ba untuk Birrullah (kebaikan Allah)”. Allah ta’ala juga berfirman, “Aku menjadikan Usaha HambaKu diantara RahmatKu dan kebaikanKu”
Dari abu Hurairah ra. Bahwa nabi SAW bersabda: “barangsiapa berpuasa di bulan rajab 27 hari akan ditulis puasanya sebesar pahala berpuasa 60 bulan”. Pada bulan inilah malaikat jibril turun pertama kali kepada nabi Muhammad saw dengan membawa risalahNya, dan pada bulan ini pula nabi Muhammmad SAW diperjalankan dalam isro’ dan mi’roj.
Nabi SAW bersabda: “ingatlah sesungguhnya bulan rajab adalah bulan yang peka, barangsiapa pada bulan tersebut berpuasa sehari karena iman dan mencari pahala Allah, maka dia akan memperoleh keridhoaanNya yang sangat besar”

Ada yang berkata: “Allah memperindah bulan Rajab, sama dengan indahnya 3 bulan suci lainnya”
“.... diantaranya ada empat bulan yang suci (diharamkan berperang pada bulan-bulan tersebut, yakni Dzulqoidah, Dzulhijjah, muharrom dan rajab)” (Q.S 9, At Taubah: 36)
Diriwayatkan: bila datang sepertiga malam di awal jum’at pada bulan rajab, para malaikat senantiasa beribadah untuk memintakan ampun setiap hamba Allah yang berpuasa di bulan Rajab. Dari Annas Ra. Bahwa nabi Muhammad bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa tiga hari di bulan haram, akan dicatat ibadahnya seperti selama 900 tahun”
Diriwayatkan oleh Imam Dailami, dari Aisyah ra, ia mendengar Rasulullah bersabda “Allah melimpahkan kebaikan dengan amat sangat melimpah pada empat malam: yakni malam Nisfu Sya’ban, malam Idul Fitri, Malam Idul Adha, dan melam pertama bulan Rajab”
Ad Dailami juga meriwayatkan dengan sanad dari abu Umamah ra. Bahwa nabi SAW bersabda: “ada lima malam, dimana do’a pasti dikabulkan, yakni: malam pertama bulan Rajab, malam Nishfu Sya’ban, malam Jum’at, malam hari raya Idul Fitri, dan malam hari raya Idul Adha.”

(diterjemahkan kembali dari Mukasyafatul Qulub, Imam Al-Ghozali, Bab 73, Keutamaan Bulan Rajab)
armADA_11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mungkin Anda Juga Harus Baca

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...