Klik Me...

Featured Video

Sabtu, 09 Juni 2012

Rahasia dan keutamaan Shodaqoh

“Tulit-Tulit”….”Tulit-tulit-tulit…..” Hapeku berdering dengan nada pesan yang khas..  aku lihat, siapakah gerangan yang mengirimkan pesan kepadaku… xxxx….????????.......wwwwww……!@#$%^&*()_+!&%$#...... Ternyata si adek bandel yang mengirimkan sms itu.. ada apakah gerangan? Sambil bernyanyi dengan suara yang mirip vokalis ada band, aku baca smsnya… aku terima pesanmu, ku baca, dan aku mengerti… (tapi bukan ini lho isi smsnya). Isinya begini “mz, adek bener2 percaya dengan kata2 mz tentang shodaqoh.. adek baru saja mengalami kejadian yang benar2 diluar nalar jika dipikir… adek mau cerita, tapi jangan dikira riya’ ya…hehehehe”. Yups, seperti itulah sms yang dia kirim ke aku. (tapi sudah melalui proses editing lho ya.. rencananya sih juga mau tak dramatisir kapan-kapan….,hahaha)..

Pikiranku menerawang jauh, mengingat apa yang telah aku lakukan sampai si bandel ini sms aku begitu. Ah, akhirnya aku ingat, ternyata si adek mengingatkan aku pada 1 hal, shodaqoh… ya, shodaqoh.. meski sama-sama kekurangan, pesen yang selalu di ingatkan oleh adek-adekku kepadaku adalah saling berbagi. Meski sedikit, yang penting ikhlas.. daripada banyak tapi hanya untuk prestige saja (ini pesen dari si bandel.). lalu, apa sih manfaat shodaqoh? Mari kita fikirkan bersama.

Hal yang paling aku ingat tentang shodaqoh ini adalah ketika aku mendengar kata-kata bapak pada murid-muridnya. Kata-katanya sangat mudah di ingat, yakni ada 3 kunci untuk membuka rizki dari Allah.. berdasarkan cara mendapatkannya, rezeki bisa dibedakan menjadi 2. Yakni rezeki yang diantar (rezeki yang cara mendapatkannya adalah tanpa dengan melakukan suatu pekerjaan, misalkan pemberian orang lain, mendapatkan hadiah, gaji ke 13, dst.). rezeki selanjutnya adalah rezeki yang dicari/ada juga yang menyatakan sebagai rezeki yang dijemput, mengingat behwa rezeki sudah ada yang mengatur. (rezeki yang sejenis dengan ini adalah rezeki yang kita dapat melalui pekerjaan yang kita lakukan, seperti menjadi buruh, kuli, penjual asongan, tukang  parkir, ataupun pegawai).

Sedangkan kunci dari semua itu adalah
  1. Rizki yang diantar bisa diperlancar dengan sholat malam (hajat atau tahajjud)
  2. Rizki yang dicari/dijemput bisa diperlancar dengan melakukan sholat Dhuha.

Jika kedua kunci ini sudah diketahui, dan sudah pula dilaksanakan, masih ada satu lagi kunci pembuka rizki yang harus pula dilakukan, ini tidak bisa dipisahkan dari dua kunci sebelumnya.yakni:

  1. Shodaqoh..ya, shodaqoh adalah pembuka utama dari rizki kita.

Banyak sekali manfaat dari shodaqoh, mulai dari yang terlihat, yang bisa difikirkan dengan nalar, bahkan sampai yang tidak bisa difikirkan dengan nalar dan tak terlihat.

“Shodaqoh itu tidaklah mengurangi harta, demikian pula hamba yang memberikan shodaqoh, kecuali akan masuk ke dalam uluran Kekuasaan Allah” (H.R. Imam Thabrani)
Dalam kitab Mukasyafatul Qulub Imam al-Ghozali, dalam riwayat Imam Ahmad Diceritakan “Apakah yang disebut sedekah ya Rasul?” maka Rasulullah SAW menjawab “Ialah pahala yang dilipatgandakan, dan di sisi Allah akan memperoleh tambahan”. Lantas beliau membacakan Q.S. al Baqoroh:245 yang artinya “Barangsiapa yang mau memberikan shodaqoh dengan shodaqoh yang baik, maka Allah akan melipatgandakan pahala pembayarannya dengan lipatan yang banyak.”
Sedangkan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin, karya Dari Imam al Ghozali, diceritakan bahwa Rasulullah Bersabda “hindarilah api neraka dengan menyedekahkan separuh biji kurma, jika kamu tidak menemukannya, maka dengan mengucapkan perkataan yang baik”
Dalam riwayat lain diceritakan bahwa Rasul juga bersabda “tidaklah seorang hamba bersedekah dengan baik melainkan Allah memberikan generasi penerus yang baik pada keturunannya”
Sabda lain tentang keutamaan sedekah adalah “sedekah itu menutup 70 pintu kejahatan” (sabda Rasul tentang sedekah ini terkumpul dalam Ihya Ulumuddin, BAB V tentang rahasia-rahasia zakat, sub bab shodaqoh)

Nah, masih kurang penjelasan dari manfaat shodaqoh?
Berbagi Itu Indah... ^_^


Coba kita tengok, penjelasan dari bapak… “Shodaqoh itu sepertinya mengurangi harta, namun pada hakekatnya tidak begitu. Ini berkebalikan dengan riba’, sepertinya bertambah, namun pada kenyataannya berkurang. Lihat saja orang yang banyak memakan riba’, selain penyakitan, kehidupanyya juga tidak akan tenang…”. Atau kata-kata beliau yang ini “shodaqoh itu ibarat menanam satu biji, dan dari biji itu akan keluar paling tidak 10 batang, dan dari tiap batang akan keluar paling tidak 7-70 ranting yang selalu berbuah….tapi, itu hanya hitung-hitungan kasar… ALLAH sangatlah kaya untuk membalas setiap shodaqoh yang dilakukan oleh hambaNYA tanpa melalui perhitungan-perhitungan semacam itu.”
Atau kata-kata yang ini: “seseorang tidak akan menjadi miskin karena rajin memberi, seseorang tidak akan menjadi kaya karena pelit..” (hayoh…. Yang masih pelit cepet-cepet sadar ya…. Jangan diterus-terusin tuh…)

Masih ingin bukti lagi? Silahkan menghubungi adek bandel atau akun ini, banyak cerita nyata yang tidak diperbolehkan untuk diceritakan disini untuk menghindari kesan riya’… hehehe

Bersedekah Biar Berkah
Untuk adek-adekku, selalu ingat dengan pesan yang pernah aku berikan dulu.. Berbuat baik pada setiap orang, harus selalu kita lakukan, meskipun kita pernah tersakiti oleh mereka.. selalu usahakan untuk berbagi dengan siapapun yang membutuhkan, meskipun kita tidak mendapatkan apapun, yakinlah Allah akan selalu memberikan balasan bagi kita, paling tidak dengan memudahkan jalan kita saat kita menemui permasalahan.

Untuk adek bandel Richina Mell Tsania, terima kasih dah mau share dengan cerita-ceritamu.. jangan lupa, sebagian dari yang kita miliki adalah milik mereka yang membutuhkan, mereka yang kekurangan, dan mereka yang kurang beruntung.

“Bimbinglah aku dalam pelukanMu jangan lepaskan lagi, izinkanlah malaikat menjagaku dari kelamnya nafsu dunia, bawalah aku ke jalan cahaya, terang kerajaanMu, jadikan mimpiku jelas sempurna menyatu dalam indahnya surga” (Jalan Cahaya, Track Number 12, album Romantic Rhapsody, released 2006, ADA Band Feat Mbak Ubiet.)

Rembang, Juli 2011
armADA_11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mungkin Anda Juga Harus Baca

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...