Klik Me...

Featured Video

Rabu, 04 Juli 2012

sya'ban, rahasia kecil yang menyertainya


Sya’ban, berasal dari kata “Asy Syi’bi”, yang berarti jalan menuju gunung. Ini adalah ibarat, karena pada bulan ini terdapat banyak sekali cara untuk menuju kebaikan.
marhaban....

Diriwayatkan melalui Abu Umamah al-Bahili ra, nabi bersabda: “bilamana datang bulan sya’ban, maka bersihkan dirimu dan perbaiki niatmu”. Dari Aisyah ra, beliau berkata (dalam Shahihain) “aku belum pernah melihat nabi SAW menyempurnakan puasanya sebulan penuh kecuali bulan Ramadlan, dan aku pun belum pernah melihat beliau berpuasa sebulan lebih kecuali berpuasa bulan sya’ban”. Dalam riwayat lain “beliau berpuasa penuh pada bulan sya’ban, kecuali sedikit (yang tidak puasa)”. Kedua riwayat ini saling menjelaskan, bahwa pada bulan sya’ban, nabi saw banyak berpuasanya daripada tidak. Jadi, kata “penuh” pada riwayat tersebut berarti adalah bagian yang terbesar dari bulan Sya’ban.
            Dijelaskan, bahwa sesungguhnya para penghuni langit, malaikat di langit punya dua malam hari raya. Dua hari raya para malaikat adalah malam “kebebasan”, yakni malam nishfu sya’ban dan malam lailatul qodar. 
3 malam....

            Imam mundzir meriwayatkan “barangsiapa yang menghidupkan dua malam beserta malam nishfu sya’ban, maka hatinya tidak akan mati disaat semua hati mati”. Lanjutnya, “malam tersebut disebut sebagai malam syafa’at,” sebab nabi saw pada malam ke 13 memintakan syafaat untuk ummatnya kepada Allah SWT, dan Allah memberikan sepertiga. Beliau saw minta lagi pada malam ke 14, dan DIA memberikan seluruhnya, kecuali orang yang lari dari Allah SWT, seperti halnya larinya unta, yakni lari menjauhi Allah ta’ala dengan berbuat durhaka.
            Malam nishfu sya’ban disebut juga sebgai malam maghfiroh (pengampunan) karena sesungguhnya Allah Ta’ala menampakkan pada hamba-hambaNya di malam nishfu sya’ban, dan DIA mengampuni semua penduduk bumi kecuali 2 golongan, yakni orang yang musyrik dan pendendam.
Sya'ban....

            Diceritakan oleh Aisyah ra, rasul bersabda “Ya humairah, bukankah engkau tahu, malam ini adalah malam nishfu sya’ban? Sesungguhnya Allah azza wa jalla pada malam ini membebaskan penduduk neraka sebanyak jumlah kambing suku kalbin, kecuali enam golongan yang tidak dibebaskan, yakni peminum arak, orang yang berani kepada orang tuanya, orang yang berzina, orang yang memutuskan hubungan famili, mudlorrib (orang yang mendorong permusuhan), dan orang yang mengadu domba”
(disarikan dari kitab mukasyafatul qulub, imam al-ghozali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mungkin Anda Juga Harus Baca

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...